Waktu Paling Tepat Menimbang Berat Badan saat Sedang Diet

Menimbang secara teratur dapat membantu mengetahui kemajuan penurunan berat badan. Tapi, akan lebih berguna jika melakukannya di saat yang tepat. Kapan waktunya?

Memang tidak ada satu jawaban yang cocok untuk semua orang, tapi para ahli diet sepakat tentang beberapa faktor kunci untuk mengawasi penurunan berat badan, termasuk menentukan waktu terbaik dan frekuensinya.

Menimbang badan sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, siang atau malam. Namun, menurut Cleveland Clinic, hasil timbangan yang paling akurat adalah di pagi hari, yakni setelah buang air kecil dan sebelum sarapan.

Selain itu, menimbang berat badan sebaiknya dilakukan seminggu sekali, di hari yang sama. Temuan studi yang diterbitkan dalam Obesity Facts edisi Februari 2014 menunjukkan bahwa berat badan cenderung meningkat selama akhir pekan, ketika orang biasanya melakukan perawatan diri.

Lisa R. Young, profesor nutrisi di New York University dan penulis Finally Full, Finally Slim, lebih suka naik ke timbangan setiap Selasa. “Senin terlalu dekat dengan akhir pekan. Selasa adalah waktu yang ideal dalam seminggu untuk meningkatkan kebiasaan selama pekan itu,” katanya, seperti dilansir dari Livestrong, Selasa, 21 Desember 2021.

Tapi jika menimbang di waktu atau hari lain dirasa lebih baik, bukan masalah. Sebab, yang utama adalah konsistensi. “Tujuannya adalah hari yang sama setiap minggu, pada waktu yang sama,” kata ahli nutrisi yang berbasis di Seattle, Liz Wyosnick.

Ada alasan Wyosnick menyarankan orang untuk menimbang diri tidak lebih dan tidak kurang dari satu kali per minggu. “Penurunan berat badan yang aman dan berkelanjutan tidak ditemukan dalam fluktuasi kecil berat badan dari satu hari ke hari berikutnya. Lebih baik untuk menilai kemajuan dalam waktu yang lebih lama yang dialokasikan untuk latihan dan penerapan kebiasaan baru.”

Young juga merekomendasikan untuk menimbang hanya sekali atau dua kali seminggu. “Kita memiliki fluktuasi harian, dan bagi sebagian orang, penimbangan harian dapat menyebabkan terobsesi dengan berat badan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.