Rekomendasi Investasi Jangka Pendek untuk Anda

Kegiatan investasi merupakan salah satu yang sangat penting untuk dilakukan. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengamankan keuangan Anda. Mayoritas mereka yang bebas secara finansial telah melakukan kegiatan investasi sudah sejak lama.

Setidaknya terdapat dua jenis investasi yang nantinya bisa Anda lakukan, yaitu investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Untuk mengetahui apa saja jenis investasi jangka pendek yang recommended untuk Anda, maka perlu baca ulasan di bawah ini.

Apa Saja Rekomendasi Investasi Jangka Pendek?

P2P Landing

Anda yang di sini tengah berencana untuk mengembangkan dana jangka pendek maka dapat mencoba P2P lending sebagai salah satu alternatif. Melalui P2P landing ini nanti Anda sebagai pemberi pinjaman bisa memperoleh bunga dengan cara meminjamkan pada para peminjam.

Umumnya pendanaan P2P lending ini mempunyai tenor mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun. Setelah masa tenor berakhir tersebut, Anda sudah bisa memperoleh kembali pokok beserta bunga. Selain itu, mayoritas para peminjam merupakan UMKM Indonesia yang memerlukan pinjaman modal usaha, sehingga secara langsung Anda di sini telah membantu para pengusaha lokal dalam mengembangkan bisnis mereka.

Reksadana

Reksadana merupakan sebuah pola pengelolaan dana ataupun modal bagi para sekumpulan investor yang di sini mereka ingin melakukan investasi di dalam instrumen yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan.

Dikelola oleh seorang manajer investasi, untuk selanjutnya diinvestasikan pada portofolio investasi seperti obligasi, saham, pasar uang dan lain sebagainya. Reksadana tersebut juga mempunyai cara bagi Anda yang di sini ingin melakukan kegiatan diversifikasi investasi. Dengan memecahnya ke dalam beberapa instrumen seperti contohnya reksadana saham.

Jenis investasi yang satu ini harus ditanam beberapa perusahaan dan tidak cukup hanya pada satu perusahaan saja. Hal tersebut akan sebanding dengan bunga yang nantinya akan Anda peroleh, karena jika terjadi pelunasan pada sebuah perusahaan, maka setidaknya tidak semua investasi Anda akan merugi.

Surat Berharga Negara

Jenis investasi jangka pendek selanjutnya yaitu surat berharga negara. Merupakan sebuah surat hutang yang di sini diterbitkan oleh negara. Melalui surat utang tersebut, nantinya Anda bisa meminjamkan uang dan bisa memperoleh kupon setelah masa tenggang tersebut berakhir. Penerbitan surat hutang mempunyai tujuan yaitu guna menghimpun dana dari masyarakat sebagai sumber pendanaan.

Untung surat berharga negara tersebut sangatlah beragam. Namun kedua bentuk yang paling populer yaitu SBR dan ORI. Perbedaan diantara keduanya yaitu ORI diperdagangkan dalam pasar sekunder, serta mempunyai tenor 3 tahun. Sedangkan untuk SBR sendiri di sini memang tidak dapat diperjualbelikan di pasar. Selain itu tenor untuk SBR yaitu 2 tahun.

Salah satu hal yang menyebabkan kenapa surat berharga negara ini begitu diminati hingga saat ini yaitu karena tingkat keamanannya yang memang relatif baik. Keamanan yang cukup baik tersebut disebabkan oleh obligasi ini terkait dengan pemerintah sehingga membuat prosesnya lebih aman.

Dari segi jangka waktu pun terbilang cukup singkat ditambah lagi investor ORI bisa memperdagangkan di pasar sekunder sebelum akhirnya jatuh tempo. Sedangkan investor SBR juga mempunyai fasilitas untuk melakukan pencairan lebih awal.

Deposito

Deposito adalah sebuah produk yang di sini dimiliki oleh perbankan di mana tujuannya yaitu untuk membantu nasabah dalam menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan ketentuan. Deposito di sini juga bisa dicairkan sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati oleh perbankan dan juga nasabah mulai dari 1 bulan bahkan hingga 12 bulan.

Tabungan

Jika bicara mengenai masalah investasi tentunya tak bisa lepas dari tabungan. Produk tabungan Bank tersebut adalah salah satu investasi jangka pendek yang dapat dijadikan pilihan oleh Anda. Investasi cara ini merupakan hal yang paling mudah dan efisien. Karena memang siapapun dapat melakukan investasi tersebut, baik itu Anda yang masih remaja ataupun sudah dewasa.

Selain oleh karena kemudahannya, dengan produk tabungan Bank tersebut juga bisa Anda tarik kapanpun menggunakan ATM. Keuntungan persentase bunganya memang relatif kecil. Keuntungan dalam memakai investasi tersebut yaitu Anda tidak mempunyai kewajiban untuk menyetor dana tiap waktu. Jadi ketika Anda di sini telah membuka tabungan, maka Anda bebas untuk melakukan pengisian saldo rekening sesuai dengan keinginan Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.