Pendiri Wikipedia Lelang Halaman Pertama Wiki Sebagai NFT, Singgung Twitter

Hampir semua orang telah membuka Wikipedia, gudang informasi dan data online yang dibuat dan diedit oleh sukarelawan di seluruh dunia. Namun, tidak banyak yang tahu bagaimana hasil edit pertama yang pernah dibuat pada halaman Wikipedia.

Berkat teknologi blockchain dan meningkatnya kegilaan non-fungible tokens (NFT), pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, melelang NFT yang baru dicetak dari suntingan pertama yang dibuat ke halaman Wiki. Namun, yang dilelangnya bukan sekadar NFT gambar JPEG dari sebuah website, melainkan memiliki pengalaman interaktif dengan halaman web khusus, iMac Strawberry.

Menjadi salah satu dari sejarah internet, iMac Strawberry, ia gunakan untuk mengembangkan halaman Wikipedia untuk pertama kali. Rumah lelang Inggris Christies sedang menangani lelang itu, yang dibuka hingga 15 Desember.

Wales meluncurkan proyek sumber terbuka ini pada 15 Januari 2001, yang bertuliskan ‘Hello World!’ di atasnya. Siapa pun yang membelinya akan dapat mengedit ‘Hello World!’ di halaman Wiki dengan cara apa pun yang mereka inginkan dan juga dapat mengembalikan halaman ke keadaan sebelumnya.

“Sejak itu ensiklopedia online telah menjadi gudang informasi gratis terbesar di internet. Buku ini diterbitkan dalam lebih dari 300 bahasa, diedit oleh ribuan sukarelawan dan dibaca oleh jutaan pencari ilmu,” tertulis dalam keterangan rumah lelang itu.

Sebelumnya pada Maret 2021, Wales juga mengunggah sebuah komentar di Twitter mengenai itu. “Jadi, jika unggahan Twitter pertama seharga US$ 2,5 juta (Rp 4,2 miliar), bagaimana dengan iMac Strawberry yang saya gunakan saat meluncurkan Wikipedia?” cuit Wales di akun Twitter miliknya.

Wales mengatakan dia berencana untuk menggunakan uang yang dia kumpulkan melalui pelelangan untuk mengembangkan jaringan sosial bebas pengiklan. Wales juga mengatakan dia mengerti ada gelembung spekulatif di sekitar NFT sekarang, tapi dia optimis pada teknologi secara umum.

“Akan ada banyak hal bodoh dan banyak hal buruk,” katanya sambil menambahkan bahwa ada sesuatu yang cukup menarik di semua itu.

GADGETS NDTV | CHRISTIES

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *