Mengenal 3 Gejala Wasir

TEMPO.CO, Jakarta -Wasir atau ambeyen ialah kondisi adanya benjolan di dalam dan sekitar pantat atau anus.

Sering menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman ketika buang air besar, apa gejala umum untuk mengenali wasir? Dikutip dari Mayoclinic di situsnya mayoclinic.org, gejala wasir dapat dibedakan sesuai tiga jenisnya, meliputi:

1. Wasir luar

Wasir luar berada di bawah kulit bokong sekitar anus. Dengan tanda meliputi gatal atau iritasi di daerah anus, rasa sakit atau ketidaknyamanan, bengkak di sekitar anus, dan berdarah.

2. Wasir dalam

Wasir dalam terletak di dalam rektum, biasanya penderita tidak dapat melihat atau merasakannya langsung, serta jarang menyebabkan ketidaknyamanan. Namun, saat mengejan ketika buang air besar dapat menimbulkan pendarahan tanpa rasa sakit, dan terdapat sejumlah kecil darah merah terang yang keluar dari anus.

3. Wasir trombosis

Wasir trombosis dapat menimbulkan gejala sakit parah, pembengkakan, peradangan, dan benjolan keras di dekat anus.

Berdasar Cleveland Clinic di alamat clevelandclinic.org, wasir dapat terjadi akibat tekanan panggul dari kenaikan berat badan (terutama selama kehamilan), mendorong keras atau mengejan berlebihan saat buang air besar akibat sembelit, dan mengejan akibat mengangkat benda berat.

Sementara itu, faktor risiko terkena wasir meliputi kelebihan berat badan, sedang hamil, makan makanan rendah serat, mengalami sembelit atau diare kronis, sering menganggkat benda berat, terlalu lama duduk di toilet, dan sering buang air besar.

Meski wasir umumnya tidak menyebabkan masalah serius, kondisi tersebut dapat membuat penderitanya mengalami anemia, pembekuan darah pada wasir luar, infeksi, skin tag, dan wasir tercekik (otot di anus memotong aliran darah ke wasir internal yang prolaps).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.