Hidroterapi Metode Pengobatan dengan Air, Sakit Radang Sendi sampai Depresi

Hidroterapi merupakan salah satu pengobatan yang dilakukan untuk mengatasi sejumlah penyakit. Mengutip dari Eka Hardiyanti, Hidroterapi (hydrotherapy) sebelumnya dikenal dengan sebutan hidropati (hydropathy). Metode ini adalah metode pengobatan yang menggunakan air untuk mengobati penyakit atau meringankan kondisi yang menyakitkan.

Metode ini dijadikan pengobatan karena seperti yang telah dijelaskan dalam Uofmhealth.org, air memiliki beberapa sifat yang membantu untuk penyembuhan. Air dapat membantu aliran darah serta memiliki efek menenangkan dan membuat rileks pada orang, baik dalam bak mandi, pancuran, semprotan, atau dalam bentuk kompres.

Sejumlah orang menggunakan metode ini untuk mengobati banyak penyakit dan kondisi, seperti jerawat, radang sendi, pilek, depresi, sakit kepala, masalah perut, masalah sendi, otot, dan saraf, gangguan tidur, dan stres. Selain itu, metode ini juga bisa digunakan untuk rileksasi serta menjaga kesehatan.

Selain itu, hidroterapi juga digunakan untuk mengobati cedera muskuloskeletal baik terkait olahraga atau terkait usia. Mengutip dari Physio.co.uk, hidroterapi dapat membantu meningkatkan fungsi setelah cedera muskuloskeletal. Kondisi umum yang diobati meliputi: osteoarthritis, rheumatoid arthritis, ankylosing spondylitis, keseleo pergelangan kaki, robekan otot supraspinatus, dan nyeri punggung bawah.

VALMAI ALZENA KARLA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *