Cegah Penuaan Dini, Lakukan Perawatan Kulit Ini di Usia 20-an, 30-an, dan 40-an

Masalah kulit seperti garis-garis halus, pigmentasi, perubahan warna, tekstur tidak merata dan kerutan menjadi semakin banyak terjadi akhir-akhir ini.

Ami Shah, dokter kulit, ahli kosmetik, dan ahli bedah laser di India, mengatakan penyebab penuaan dini yang paling umum adalah polusi, gizi buruk, dan meningkatnya paparan cahaya biru. Karena faktor itu, banyak orang berusia 20-an yang memiliki tekstur kulit yang mirip dengan oranh berusia 70 tahun.

“Namun, masalah kulit seperti itu dapat dihindari dengan memasukkan rutinitas perawatan kulit yang teratur,” kata Ami Shah.

Berikut beberapa tips penting dari ahlinya untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

Di usia 20-an

-Lebih menekankan pada pencegahan daripada mengkhawatirkan masalah kulit.-Masalah kulit utama yang dihadapi di usia ini adalah kulit kusam, berjerawat, dan komedo. Semua ini terjadi karena perubahan hormonal dalam tubuh.-Jalani gaya hidup sehat, mengikuti diet bergizi dan tidur yang baik.-Rejim perawatan kulit harus melibatkan CTM. Jangan pernah memakai make-up saat akan tidur. Melembapkan kulit dengan baik meski memiliki kulit berminyak. Pastikan pelembap dan toner mengandung asam hialuronat.-Oleskan tabir surya saat keluar. Luka bakar akibat sinar matahari, ruam, gatal, bahkan kanker kulit disebabkan oleh paparan radiasi matahari yang berbahaya.-Pastikan tabir surya memiliki perlindungan dari radiasi UVA dan UVB selain HCV dan oksida besi.-Jangan pernah mengabaikan masalah kulit di usia ini.

Di usia 30-an

-Lebih fokus pada asupan nutrisi yang tepat karena ini adalah usia ketika metabolisme melambat.-Lakukan perawatan kulit yang lebih sesuai dengan masalah kulit setelah berkonsultasi dengan dokter.-Perhatikan masalah peradangan yang sering terjadi di usia ini.

Di usia 40-an

-Hilangnya hidrasi, kendur dan kerutan adalah masalah kulit utama di usia ini.-Patuhi perawatan kulit tertentu yang melibatkan pembentukan kolagen dan menyuntikkan asam Hyaluronic.-Perhatikan berat badan, perhatikan BMI yang tepat untuk tubuh dan kulit yang sehat. Mempertahankan berat badan secara tiba-tiba di usia 40-an.-Berat badan yang berlebihan rentan terhadap berbagai PTM seperti diabetes, hipertensi dan obesitas.-Pikiran positif juga penting dalam kelompok usia ini karea menopause sering dimulai di usia ini. -Konsultasi ke dokter kulit setidaknya sekali dalam sebulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.