8 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

TEMPO.CO, Jakarta -Sakit kepala merupakan kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Biasanya sensasi nyeri, berdenyut, dan berat akan dirasakan orang yang menderita sakit kepala.

Sakit kepala dapat diredakan dengan meminum obat pereda nyeri seperti paracetamol. Namun, selain meminum obat sebenarnya ada beberapa cara untuk mengurangi sakit kepala. Dilansir dari laman Web MD, berikut cara-cara untuk meredakan sakit kepala tanpa meminum obat:

Jika Anda mengalami migrain, letakkan es batu yang dibungkus handuk di dahi Anda. Kompres selama 15 menit kemudian istirahatkan selama 15 menit, ulangi jika perlu. Selain mengompres dengan es, Anda juga bisa mandi dengan air dingin untuk meredakan migrain.

Jika Anda mengalami sakit kepala dengan rasa tegang di belakang kepala hingga leher, Anda dapat meredakannya dengan mengompres leher atau bagian belakang kepala dengan kompres panas. Jika Anda menderita sakit kepala akibat sinus, Anda dapat mengompres pada bagian yang sakit atau mandi dengan air hangat.

Sakit kepala dapat terjadi karena tenakanan eksternal seperti kucir rambut yang terlalu kencang, topi, ikat kepala, dan kacamata renang yang terlalu ketat. Untuk meredakannya, Anda dapat mengurangi tekanan dengan melepas ikat rambut atau barang yang membuat tekanan di kepala.

Cahaya yang terlalu terang atau cahaya dari layar barang elektronik juga dapat menyebabkan sakit kepala. Jika Anda sensitif terhadap cahaya, Anda dapat menutup tirai kamar di siang hari, mengenakan kacamata hitam saat di luar ruangan, dan menambahkan layar anti-silau di komputer Anda.

Jika Anda mulai merasa sakit kapala, Anda dapat mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh. Pastikan kafein yang Anda konsumsi hanya berjumlah kecil karena berlebihan mengonsumsi kafein juga dapat menimbulkan jenis sakit kepala tersendiri.

Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi jahe dapat menjadi pereda rasa sakit. Penelitian tersebut menemukan bahwa jahe bekerja hampir sama dengan obat migrain.

Latihan relaksasi dengan yoga, meditasi, atau perenggangan otot dapat membuat tubuh menjadi lebih relaks. Hal ini dapat meredakan sakit kepala terutama yang disebabkan oleh keteganga di otot atau stress.

Anda juga dapat memijat kepala Anda untuk meredakan sakit kepala. Ijat leher, tengkuk, dan pelipis beberapa menit untuk meredakan sakit kepala.

MAGHVIRA ARZAQ KARIMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *